sejarah dan makna kalender Hijriah

Kalender Hijriah yang juga dikenal sebagai Kalender Islam atau Kalender Lunar, adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh umat Islam berdasarkan pergerakan bulan. Kalender Hijriah sangat penting dalam kehidupan Muslim.

Karena digunakan untuk menentukan tanggal hijriah hari ini untuk mengetahui kapan waktu ibadah seperti puasa sunnah, acara keagamaan, dan peristiwa penting lainnya. Artikel kali ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang sejarah, struktur, dan makna dari Kalender Hijriah. Simak baik-baik, ya!

Sejarah Kalender Hijriah

Kalender Hijriah dimulai pada tahun 622 Masehi, saat Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya hijrah dari Mekah ke Madinah untuk melarikan diri dari persekusi. Peristiwa ini disebut sebagai “Hijrah” dan dijadikan titik awal kalender ini.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan kalender ini telah ada sebelum Hijrah, tetapi Hijrah memperkuat keberadaannya dan menjadi titik awal yang ditetapkan.

Struktur Kalender Hijriah

Kalender Hijriah berbasis pada siklus bulan, dengan tahun yang terdiri dari 12 bulan. Dikarenakan perbedaan antara tahun kalender lunar dan tahun matahari, kalender ini lebih pendek daripada kalender Gregorian yang digunakan secara umum.

Perbedaannya terletak pada jumlah hari, tahun Hijriah terdiri dari 354 atau 355 hari, sementara itu tahun Gregorian terdiri dari 365 atau 366 hari.

Bulan dalam Kalender Hijriah

Kalender Hijriah memiliki empat bulan suci yang memiliki status istimewa dalam Islam, yakni Rajab, Dzul-Qi’dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan di mana umat Muslim dari seluruh dunia melakukan ibadah Haji ke Kota suci Mekah.

Makna Kalender Hijriah

Kalender Hijriah memiliki makna yang dalam dalam kehidupan Muslim. Selain digunakan untuk menentukan waktu ibadah dan acara keagamaan, juga merupakan pengingat kepada umat Muslim tentang sejarah dan perjuangan mereka.

Setiap tahun Hijriah menandai periode perenungan dan introspeksi bagi umat Muslim, mengingat peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Demikianlah ulasan mengenai sejarah dan makna kalender Hijriah yang harus diketahui oleh umat Muslim. Anda pasti sering melihat tanggal-tanggal hijriah yang juga tertera di kalender cetak, seperti kalender dinding, kalender meja, kalender sobek dan lain-lain.

Namun, jika membawa-bawa kalender seperti itu tentu akan membuat Anda kerepotan. Untuk melancarkan ibadah seperti puasa sunnah, Anda bisa mengunduh dan install aplikasi Kalender Hijriah – Puasa Sunnah. Aplikasi ini sangat berguna sebagai pengingat Anda dalam beribadah.

Tanggal-tanggal yang tertera dijamin akurat, karena pihak Media Nusa Aplikasi secara rutin melakukan penyesuaian setiap awal bulan berdasarkan kesepakatan para ulama yang ada di Indonesia. Anda bisa mengecek tanggal hijriah hari ini dengan mudah dan cepat, cukup membuka lewat aplikasi Kalender Hijriah.

Yuk segera install aplikasi Kalender Hijriah – Puasa Sunnah agar ibadah Anda lebih lancar! Untuk informasi selengkapnya, silakan dilihat di laman hijriah.id. Semoga bermanfaat!