aktivitas untuk menstimulasi tumbuh kembang bayi 6 - 12 bulan

Pada usia 6 – 12 bulan, bayi akan mengalami banyak perkembangan. Di rentang tahap perkembangan bayi ini, si kecil akan mulai belajar duduk, merangkak serta berdiri.

Melansir dari Flo Health, bayi yang memasuki usia 6 bulan akan tertarik dengan segala sesuatu yang ada di sekitar mereka. Buah hati Bunda mungkin menemukan setiap hal kecil yang menyenangkan dan belajar sesuatu yang baru setiap harinya.

Keterampilan motorik bayi pun terus berkembang dan bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti mendengar suara-suara, duduk tanpa bantuan, merangkak dan mempelajari perbedaan bentuk atau permukaan objek.

Berikut ini merupakan beberapa aktivitas yang bisa Bunda lakukan untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil yang berusia 6 – 12 bulan. Simak baik-baik, ya!

Gunakan Media Musik

Hasil penelitian dari Institute of Learning & Brain Sciences (I-LABS), University of Washington menunjukkan bahwa serangkaian sesi bermain dengan musik bisa meningkatkan perkembangan otak si kecil.

Ajaklah bayi Bunda untuk bernyanyi dan menari bersama. Gunakan musik sebagai media untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Bunda juga bisa menambahkan boneka jari yang bisa membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata mereka.

Ajarkan kata-kata baru

Bunda bisa mengajarkan pada bayi kata-kata baru, misalnya mengucapkan kata “mama”. Ucapkan kepada si kecil dan mereka akan mencoba mengulangi kata tersebut.

Mungkin, bayi bisa mengucapkan satu patah kata, namun setiap bayi memiliki kemampuan yang berbeda. Jadi, jangan bandingkan bayi Bunda dengan bayi lainnya, ya!

Membaca buku

Perlu Bunda ketahui bahwa membaca buku di sini tidak berarti harus “membaca” buku. Bayi cenderung suka mendengar buku yang sama ketika dibaca berulang kali.

Bunda juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan gambar atau berbicara tentang suatu hal yang ada di buku.

Cilukba

Permainan ini sangat disukai oleh bayi karena membuat mereka tertawa dan gembira melihat wajah Bunda yang tiba-tiba muncul. Cilukba ternyata bisa membantu perkembangan motorik halus bayi, lho!

Hal ini juga mengajarkan pada bayi keabadian objek. Kegiatan cilukba ini akan membantu mengembangkan konsep kognitif pada bayi.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Bunda terapkan untuk menstimulasi tahap perkembangan bayi usia 6 – 12 bulan. Untuk melengkapinya, jangan lupa memakai popok Merries.

Perlindungan ekstra higienis dari ekstrak natural daun teh akan melindungi kulit bayi dari iritasi, ruam dan gatal. Informasi selengkapnya bisa Bunda cari tahu di merries.co.id, ya. Semoga bermanfaat!